Batu

Dia melihat saya seolah saya ini penyanyi opera di panggung Broadway yang kenyang hingga bersendawa dengan decakan dan standing applausnya.

Padahal saya hanya ingin sebagai pengamen kecil di atas Kopaja.
Merdu atau sumbangpun persembahan itu, tetap berharap dibarter tunai, walau sekadar tiga digit angka dari berlembar lembaran di koceknya.
Bolehlah kalaupun kiranya hanya mengerling pada sudut mata atau menyumpal telinga dengan MP3.
Tapi sebisanya jangan biarkan nurani tertutup lemak-lemak mengganggu itu.

Apa tak pernah kau lihat sumringah wajah pengamen kecil ketika kau gemerincingkan bungkusan plastiknya dengan kepingan koinmu..?

“Bagus, Ham..
Kalau ini lancar, akan ada yang menyusul..
Sabar dulu ya..?
Yang ini anggap penglaris dulu.. “entengnya tadi menerima karya saya yang berpayah-payah saya buat.

Begitu kau meminta, begitu saya kerjakan..
Dan sekarang selesai, kau cuma bilang begitu, Pak..?
hey, hallooo…
Jelaskan padaku, terminologi sabar bagaimana yang kau maksud..?

Silahkan kalau mau jadi manusia batu,
tapi please..
jangan jadikan jaman ini jaman batu.

3 Komentar

Filed under Alakadarnya

3 responses to “Batu

  1. y@t

    untuk pengamen di makassar
    tampaknya saya harus membatu,ham

    karena pengamennya disini
    beda sama ditempat lain
    sangat memaksakan kehendak …

  2. Y@T
    saya pernahji jadi korban pengamen di situ, ces..
    sambil colak-colek:
    “kasihka uangta, eeee…”
    tentunya dengan wajah melas-melas..

    iya, toh..? 😀

  3. y@t

    hehehe mending kalo dgn wajah memelas
    tp kalo dgn mata melotot
    pengamen seperti ini tipikal preman
    mending kasih duit sj
    ato kalo sanggup berkelahi hahaha

Tinggalkan Balasan

